Toyota dikabarkan sedang mengembangkan mobil Century generasi terbaru namun dalam versi sebuah SUV. Mobil yang dijuluki sebagai Rolls-Royce Jepang ini direncanakan rilis pada akhir tahun 2023.

Melansir laman Autoblog hari ini, Selasa, 10 Januari 2023, Toyota Century baru ini dilaporkan akan mengusung mesin V6 hybrid 3,5 liter, tidak lagi menggunakan mesin V8. Mesin ini sama dengan yang digunakan pada Lexus LS 500h dan LC 500h.

Meskipun belum ada informasi resmi dari Toyota, namun disebutkan bahwa Century versi SUV ini tidak akan semegah versi sedannya. Toyota mengklaim SUV ini ditujukan bagi konsumen yang ingin naik model dari Crown ke Centry, oleh sebab itu penggunaan mesin V6 ini dirasa jadi yang opsi terbaik.

Toyota Century versi SUV ini direncanakan diproduksi akhir tahun ini dan akan mulai dijual dalam waktu sekitar satu tahun. Dari sejumlah gambar spyshot yang beredar, Century SUV ini mirip dengan Rolls-Royce Cullinan yang punya panjang sekitar 205 inci dan lebar 77 inci.

Soal harganya, Toyota Century ini diperkirakan dijual dengan banderol 10 juta yen dan 15 juta yen atau sekitar Rp 1,1 miliar sampai dengan Rp 1,7 miliar. Harga tersebut mirip dengan harga Lexus LX 600 terbaru.


DICKY KURNIAWAN | AUTOBLOG