Viral Penjual Buku Mewarnai di CFW, Pembelinya Kesepian Meski Menunggu Lama

Suara.com – Viral Citayam Fashion Week (CFW) dimanfaatkan para penjual yang berharap dagangannya laris manis mengingat banyaknya orang yang berkunjung ke sana.

Hal yang sama dilakukan oleh seorang penjual buku mewarnai yang viral di media sosial, setelah diunggah dalam video singkat akun TikTok Donnyrapu pada 31 Juli 2022.

Dalam rekaman tersebut, tampak bahwa pemilik akun memperhatikan seorang pria paruh baya berdiri dan mencoba menawarkan buku mewarnai kepada orang yang lewat.

Setelah menonton selama 20 menit, tidak ada yang membeli buku mewarnai.

Baca juga:
Viral Undangan Lempar Botol Urin di Kantor Kominfo, Tak Terima Aturan Pemblokiran

“Dibalik viralnya Citayam Fashion Week, ada seorang bapak tua yang jualan buku mewarnai tapi tidak ada pembelinya. Buku gambar dan mewarnai itu harganya Rp 10.000. Saya nonton sekitar 20 menit, tidak ada yang beli,” tulis pemilik akun.

Tidak lama kemudian, penjual buku mewarnai meninggalkan lokasi penjualan. Pemilik akun memutuskan untuk mengikutinya dari belakang secara diam-diam.

Rupanya, pria paruh baya itu mampir ke sebuah warung makan. Pemilik akun juga memesan makanan dan menunggu lelaki tua itu.

“Rupanya kamu pergi makan. Jujur, aku enggan duduk di dekatmu. Ini pertama kali aku makan tapi rasanya sedih. Aku ingat kamu,” tambahkan pemilik akun.

Setelah selesai makan, pemilik akun kembali mengikuti penjual buku mewarnai tersebut hingga akhirnya memanggil pria tersebut untuk membeli buku yang dijualnya.

Baca juga:
Aksi anjing setia mendorong kursi roda tuannya saat menyeberang membuatnya terharu

Buku-buku itu dibawa dalam ransel besar.

Penjual buku mewarnai langsung sigap mengeluarkan beberapa buku pilihan, pemilik akun memutuskan untuk membeli sekitar empat buku.

“Di CFW semua orang sibuk dengan Jeje, Roy, Bonge, jadi kami tidak peduli jika ada orang tua yang menjual dengan keuntungan hanya Rp 500 per buku. Siapapun yang melihat pria ini, tolong bantu belikan, harganya Rp 10.000. Saya berniat bantu jual buku bapak kalau ketemu lagi” tutup pemilik akun.

Dia menambahkan bahwa meskipun dia tidak membutuhkan buku itu, pemilik akun membelinya karena kemanusiaan dan untuk membantu orang tua itu.

Postingan yang telah dilihat lebih dari 3,6 juta kali dan disukai lebih dari 582.800 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

“Ayah mengira akan laris di sana karena sangat ramai, tapi belum tentu orang peka dengan penjual lansia seperti ini,” tulis akun @inisenalin

Penjual buku bergambar di CFW. [TikTok]
Penjual buku bergambar di CFW. [TikTok]

“Kami membeli bukan karena kami membutuhkannya tetapi karena itu membantu,” komentar @tengkuriscky

“Setiap pulang kerja pasti saya beli, sampai numpuk di rumah. Sedih sih udah tua dan masih kerja malam-malam,” kata @wahyunisusilawaty

“Wah, akhirnya ada apa-apa. Setiap hari saya selalu pulang kerja dan membeli buku beberapa kali. Setiap kali saya membelinya, ayah merasa sangat berterima kasih,” tambahkan @siimsalabiimm

“Kalau melihat perjuangan seorang ayah atau suami yang berjuang untuk keluarganya, dia suka menangis, tidak kuat,” kata @ofie26