TMMIN memastikan pasokan Vios aman, menepis rumor penghentian produksi 

Jakarta (ANTARA) – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan pasokan Vios masih tersedia, menepis rumor sedan yang sudah berjalan sejak 2003 itu berhenti diproduksi di Indonesia.

“Bersama TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen tetap terjaga. Selain itu, kami akan menginformasikan kepada media pada waktunya,” kata Director of Corporate Affairs TMMIN Bob Azam dalam keterangannya, Rabu.

Pernyataan TMMIN menepis video yang beredar di media sosial, memperlihatkan sedan dan tulisan “Sayonara Vios”, namun tanpa menjelaskan di mana video tersebut diambil.

Vios merupakan penerus sedan Toyota Soluna yang awalnya didatangkan secara utuh atau sepenuhnya dibangun (CBU) dari Thailand pada tahun 2003. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan Vios untuk armada taksi dengan nama Limo, Toyota Indonesia memproduksi sedan tersebut mulai tahun 2013 di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Ilustrasi: Proses ekspor Toyota Vios produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) (ANTARA/HO/TMMIN) (ANTARA/HO/TMMIN)

Hingga saat ini, Toyota masih mencatatkan penjualan untuk Vios. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) sepanjang semester I 2022, Toyota telah memproduksi lebih dari 17 ribu unit Vios.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2003 hingga sekarang, Vios telah lahir dalam tiga generasi dan versi facelift yang telah hadir di Indonesia sejak 2018.

Vios juga merupakan salah satu model yang diekspor Toyota Indonesia bersama dengan Kijang Innova, Fortuner, Sienta, Veloz, Avanza, Rush, Lite Ace/Town Ace, Agya, dan Raize ke puluhan negara di kawasan Asia Pasifik, Afrika, Amerika Latin , dan Timur Tengah. .