Suara.com – Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa organ penting, salah satunya adalah paru-paru. Justru organ pernapasan (pernapasan manusia) yang berhubungan langsung dengan sistem pernapasan dan peredaran darah (peredaran darah). Fungsi paru-paru dalam tubuh sangatlah penting.

Fungsi utama organ ini adalah menukar oksigen dari udara di luar tubuh dengan karbon dioksida dari darah. Selain itu, paru-paru juga memiliki peran penting untuk menjaga dan melindungi jantung, untuk mencegah infeksi. Jika fungsi paru-paru terganggu maka akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan bagi tubuh manusia secara keseluruhan.

Seperti diketahui, paru-paru merupakan organ yang jumlahnya berpasangan, yaitu kanan dan kiri. Namun, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satunya terkait dengan berat badan atau weight.

Menurut penelitian, paru-paru kiri orang dewasa umumnya memiliki berat sekitar 325 hingga 550 gram, sedangkan paru-paru kanan memiliki berat sekitar 375 hingga 600 gram. Perbedaan lainnya adalah paru-paru kanan memiliki tiga bagian (lobus), sedangkan paru-paru kiri hanya memiliki dua bagian.

Baca juga:
Tidak Semua Gejala Kanker Paru Bisa Diakui, Apa Tidak?

Fungsi paru-paru

Secara anatomis, paru-paru sendiri terbagi menjadi beberapa bagian atau struktur yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:

• Pleura

Pleura adalah membran berlapis ganda atau membran yang melapisi paru-paru. Lapisan ini bertugas mengeluarkan cairan (cairan pleura) atau yang disebut cairan serosa.

Fungsi bagian ini untuk melumasi bagian dalam rongga paru-paru agar tidak mengiritasi paru-paru saat mengembang dan berkontraksi saat bernafas.

Baca juga:
Gara-gara konsumsi rokok elektrik, dada pria ini berlubang

• bronkus

Bronkus adalah cabang tenggorokan yang berada setelah tenggorokan (trakea) dan sebelum paru-paru. Disebut sebagai saluran udara, bronkus juga memastikan bahwa udara masuk ke dalam tubuh dengan baik dari trakea hingga alveolus. Bagian dari sistem pernapasan ini berfungsi untuk mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit.

• Bronkiolus

Bronkiolus adalah cabang-cabang bronkus yang berfungsi sebagai saluran masuknya udara dari bronkus ke alveolus. Fungsi lain dari bagian paru-paru ini adalah untuk mengontrol jumlah udara yang masuk dan keluar saat pernapasan sedang berlangsung.

• alveolus

Alveoli adalah rongga berongga yang dikelilingi oleh kapiler kecil. Alveolus memiliki fungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Setelah oksigen berhasil diserap, darah akan mengalirkan karbondioksida ke alveolus untuk kemudian dihembuskan keluar. Proses pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida ini terjadi di dinding yang sangat tipis dari alveoli dan kapiler.

• diafragma

Sebenarnya struktur paru-paru tidak menempel langsung pada organ tersebut, namun diafragma memiliki peran yang tidak dapat dipisahkan dari paru-paru. Dimana saat manusia bernafas, diafragma juga akan berkontraksi.

Setelah itu, organ ini akan menarik paru-paru ke bawah dan kemudian melebar. Ini agar udara bisa masuk dengan sempurna. Kemudian, saat Anda mengeluarkan napas, diafragma akan tenang dan kembali ke bentuk semula.

Fungsi utama paru-paru

Selain beberapa bagian paru-paru dengan berbagai fungsi, organ pernapasan ini juga memiliki fungsi utama lainnya. Yaitu sebagai tempat untuk mengolah udara yang diperoleh dari lingkungan atau atmosfer sekitar sehingga dapat masuk dengan cukup dan baik ke dalam aliran darah manusia.

Setelah itu, oksigen akan masuk ke aliran darah dan selanjutnya akan didistribusikan ke seluruh jaringan tubuh manusia. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi jantung, menyaring, menyeimbangkan pH, menyaring tempat, mencegah infeksi penampung darah, dan lain-lain. Saat manusia bernafas, udara akan masuk terlebih dahulu melalui mulut atau hidung. Dengan jalur sebagai berikut:

  • Udara yang masuk dari mulut atau hidung akan turun ke tenggorokan menuju trakea.
  • Setelah itu, udara akan masuk ke bronkus kiri dan kanan.
  • Kemudian, udara yang masuk akan menuju ke jalur yang lebih rendah yaitu bronkiolus.
  • Akhirnya, udara akan masuk ke alveolus. Kemudian oksigen akan dihembuskan kembali dalam bentuk karbondioksida.

Penyakit yang menyerang paru-paru

Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang paru-paru dan mengganggu kesehatan tubuh. Berikut beberapa penyakit yang dapat menyerang paru-paru:

1. Bronkitis adalah penyakit saluran pernapasan yang terjadi akibat infeksi saluran pernapasan atas atau bisa juga disebabkan oleh virus.

2. Pneumonia adalah gangguan pernapasan yang dapat menyebabkan peradangan pada bagian terkecil paru-paru, yaitu bronkiolus dan jaringan alveolus.

3. Asma adalah penyakit yang biasanya disebabkan oleh peradangan pada saluran pernapasan. Peradangan ini dapat menyebabkan pembengkakan dan penyempitan saluran udara. Udara yang seharusnya bisa mengalir ke paru-paru menjadi tersumbat.

4. Tuberkulosis adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh virus Mycobacterium tuberculosis yang dapat menyerang dan merusak jaringan tubuh.

Demikian tadi ulasan mengenai fungsi paru-paru pada tubuh manusia dan beberapa gangguan penyakit yang dapat menyerang. Semoga bermanfaat!

Kontributor: Putri Ayu Nanda Sari