Cuplikan teaser Black Panther: Wakanda Forever. Foto: Marvel.

TEMPO.CO, Jakarta - Teaser Black Panther: Wakanda Forever telah disaksikan 172 juta kali dalam 24 jam pertama sejak dirilis pada Minggu, 24 Juli 2022 waktu Amerika Serikat. Perolehan tersebut menjadikannya debut sebagai salah satu teaser dengan jumlah penayangan terbanyak Marvel Cinematic Universe (MCU) untuk film superhero.

Penonton teaser Black Panther: Wakanda Forever hampir dua kali lipat dari 88 juta penayangan yang dikumpulkan teaser film pertama, Black Panther pada 2017. Perilisan teaser tersebut juga membuat kata kunci yang berkaitan dengan Black Panther trending di media sosial dengan mengumpulkan lebih dari 893.000 unggahan. Chadwick Boseman, Namor, Shuri, T'Challa, Ryan Coogler dan Angela Bassett menjadi trending topik nasional setelah debut teaser, dan tagar #WakandaForever menduduki posisi trending No. 1 selama lebih dari lima jam berturut-turut.

Dengan menarik 172 juta tampilan dalam 24 jam pertama, Black Panther: Wakanda Forever menjadi salah satu trailer teratas yang diluncurkan untuk film mandiri Marvel setelah judul seperti teaser Spider-Man: No Way Home dengan 355,5 juta tampilan dan teaser Thor: Love and Thunder sebanyak 209 juta tampilan.

Empat trailer Avengers juga menarik dalam jumlah yang lebih besar, yaitu teaser Avengers: Endgame (289 juta), trailer terakhir Avengers: Endgame (268 juta), teaser Avengers: Infinity War (230 juta) dan Avengers: Infinity War (179 juta).

Black Panther merupakan film keluaran Marvel yang berhasil menempati urutan kedua film terlaris pada tahun 2018 dengan pendapatan 1,35 miliar USD atau sekitar Rp. 19,6 triliun AllHipHop.com

Tidak seperti banyak film Marvel yang disebutkan di atas, teaser Black Panther: Wakanda Forever dirilis pada Sabtu malam sekitar pukul 21:20 waktu setempat. Itu bukan slot waktu yang paling diinginkan untuk debut trailer, karena sebagian besar trailer merilis pagi hari kerja dan memanfaatkan faktor menonton ulang hari kerja.

Teaser tersebut menandai pembukaan pertama dari sekuel Black Panther. Video tersebut menunjukkan bangsa Wakanda akan berperang melawan pasukan Atlantis, yang dipimpin oleh Namor (Tenoch Huerta) yang ketakutan. Lupita Nyong'o, Letitia Wright, Danai Gurira, Florence Kasumba Winston Duke dan Angela Bassett mengulangi peran mereka dari Black Panther pertama, bergabung dengan pendatang baru seri Michaela Coel, Dominique Thorne, Alex Nivilani dan Mabel Cadena.

Hollywood Records dan Marvel Music merilis soundtrack prolog untuk film tersebut pada Senin pagi, 25 Juli 2022. Soundtracknya termasuk cover Tems dari No Woman, No Cry, milik Bob Marley, yang mendapat pujian dari penonton.

Sebelum teaser ditampilkan kepada penonton di Comic-Con, sutradara Ryan Coogler dan beberapa anggota ansambel film naik ke panggung untuk memperkenalkan film tersebut dan mendiskusikan warisan mendiang Chadwick Boseman, yang memimpin film Black Panther (2018), sebelum dia meninggal pada 2020 karena kanker usus besar.

“Kami menaruh cinta kami untuk Chadwick ke dalam film ini. Kami juga menempatkan passion kami. Film ini memiliki banyak aksi dan humor. Ini juga merupakan roller coaster dari sebuah film. Pergi ke tempat-tempat baru di Wakanda yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya kecuali sudut lain dari MCU," kata Ryan Coogler.

Presiden Marvel Studios Kevin Feige mengatakan bahwa Fase 4 MCU akan berakhir dengan Black Panther: Wakanda Forever yang dijadwalkan rilis pada 11 November 2022.