Rakata Motorcycle menjadi salah satu merek motor listrik yang ikut serta dalam pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Di pameran ini, Rakata membawa sejumlah produk motor listriknya, yakni S9, NX3, NX8, dan X5. Dari keempat model tersebut Rakata S9 yang terlaris selama pameran. FOTO: Foto: TEMPO/Dicky Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta - Merek motor listrik Rakata Motorcycle ikut serta dalam pameran PEVS 2022 atau Periklindo Electric Vehicle Show. Rakata menampilkan sejumlah skuter listrik, yakni 9, NX3, NX8, dan X5.

Dari keempat model tersebut Rakata S9 adalah salah satu yang terlaris selama pameran PEVS 2022. Menurut pramuniaga, skuter listrik Rakata S9 sudah terjual 3 unit hingga kemarin, Selasa, 26 Juli 2022.

"Ini paling laku, banyak dibeli untuk keperluan jarak dekat, kayak antar anak sekolah, keliling komplek," ujarnya saat ditemui Tempo di arena pameran kendaraan listrik PEVS 2022 di JIExpo Kemayoran kemarin.

Skuter listrik Rakata S9 punya tampilan minimalis dan futuristik. Motor listrik ini dibekali lampu LED berbentuk oval dan lampu senja yang dibuat terpisah. Kemudian panel instrumennya menggunakan layar LCD berbentuk digital yang sudah tahan air dan debu.

Sepeda motor listrik tersebut mengusung motor penggerak High Power Motor Variable Frequency berkekuatan 800W. Motor penggerak ditenagai baterai Gel Battery berkapasitas 60V/20Ah.

Baterai dapat menempuh jarak maksimal 50 hingga 60 km dalam sekali pengisian daya dengan kecepatan maksimal 49 km per jam. Skuter listrik ini bisa melibas jalur tanjakan dengan tingkat kemiringan 30 derajat.

Secara dimensi, Rakata S9 memiliki panjang 1.735mm, lebar 770mm, tinggi 1.050mm, serta jarak sumbu roda 1.240mm. Ukurannya mungil dan sangat cocok bagi pengendara pemula.

Kaki-kaki skuter listrik Rakata S9 mengusung suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang dual-shock. Velg berukuran 10 inci depan dan belakang yang dibalut ban tubeless berukuran 90/90 di depan dan belakang, serta dipadukan dengan sistem pengereman cakram di depan dan bekang.

Rakara S9 dijual dalam tiga pilihan warna, yakni abu-abu, merah, dan putih. Harga khusus pameran PEVS 2022 dibanderol Rp 13,8 juta. Sedangkan harga normalnya Rp 17 juta.