Ketahui Apa Fungsi Ginjal dan Bagaimana Cara Menjaganya

fungsi ginjal - Ilustrasi ginjal (Unsplash/Robina Weermeijer)

Suara.com - Semua orang tentu sudah tidak asing dengan organ tubuh yang bernama ginjal. Namun sayangnya tidak banyak yang memahami apa saja fungsi ginjal, dan upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan organ vital tersebut.

Ginjal merupakan sebuah organ tubuh yang berbentuk seperti kacang dengan panjang sekitar 10-12 cm seukuran kepalan tangan. Ginjal terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang, dan dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang.

Sebagai salah satu organ dengan fungsi vital dalam kehidupan, ginjal terdiri dari dua bagian, yaitu kiri dan kanan, hal tersebut menunjukan bahwa ginjal merupakan organ yang sepasang.

Organ ginjal ini mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Maka dari itu, tugas utamanya adalah untuk menyaring darah. Apabila organ ini terganggu, maka akan ada banyak masalah pada tubuh yang dapat terjadi. Itulah mengapa, memahami fungsi ginjal dan bagaimana cara menjaganya adalah sebuah keharusan.

Fungsi Ginjal

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang racun, kadar garam berlebih, air dan mineral yang berlebih, serta limbah yang mengandung nitrogen (urea).

Darah akan mengalirkan semua limbah ini menuju ginjal untuk dibuang, di mana limbah tersebut diubah menjadi urin yang terkumpul di panggul ginjal yang akhirnya keluar dari tubuh. Tanpa adanya ginjal, maka limbah dan racun dapat menumpuk di dalam darah dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Kemudian fungsi ginjal lainnya adalah mengendalikan dan memantau keseimbangan air dalam tubuh. Melalui organ ginjal ini, seluruh jaringan tubuh dipastikan menerima air supaya dapat bekerja dengan baik.

Ginjal akan bereaksi terhadap terjadinya perubahan kadar air dalam tubuh, dan mampu menahan air saat tubuh membutuhkannya, sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Selain itu, ginjal fungsinya juga untuk mengatur sel darah merah, tekanan darah dan kadar garam.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit ginjal adalah menjaga organ yang berbentu kacang ini tetap sehat. Sebenarnya, ada berbagai kebiasaan yang perlu dilakukan dan tidak sedikit pula yang harus dikurangi supaya ginjal dapat bekerja secara optimal.

Salah satunya adalah menjaga pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat telah terbukti memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk juga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan penyebab penyakit ginjal berawal dari tekanan darah tinggi, serta diabetes. Kedua masalah kesehatan ini bisa dihindari asalkan Anda bisa menjaga pola makan.

Tips selanjutnya adalah membatasi asupan garam, dan menjalani diet rendah protein. Konsumsi terlalu banyak protein ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk ginjal. Sebab, protein yang dikonsumsi dicerna dan dipecah menjadi asam amino oleh tubuh menggunakan bantuan enzim.

Selanjutnya, pencernaan protein akan dimulai dari lambung hingga ke usus, di mana asam amino yang dicerna kemudian dibawa oleh darah dan disuplai ke organ tubuh yang membutuhkan.

Karena setiap bagian tubuh memerlukan jumlah asam amino yang berbeda-beda, maka apabila protein telah selesai dicerna, sisanya akan diproses oleh ginjal dan dibuang lewat urine. Semakin banyak protein yang harus dicerna oleh tubuh, maka akan semakin banyak pula asam amino yang perlu disaring oleh ginjal.

Sehingga akibatnya, ginjal harus bekerja lebih keras. Itulah mengapa diet rendah protein dapat menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk merawat ginjal agar tetap sehat. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama