Park Eun Bin dalam drama Extraordinary Attorney Woo. Instagram/@astoryofficial.

TEMPO.CO, Jakarta - Karakter utama di Extraordinary Attorney Woo, Woo Young Woo yang digambarkan sebagai pengacara genius dengan sindrom spektrum autisme, terinspirasi dari tokoh nyata. Karakter yang diperankan oleh Park Eun Bin itu terinspirasi dari ilmuan perempuan yang mengidap autisme.

Menurut laporan dari media Hankook Ilbo pada Minggu, 24 Juli 2022, tim produksi Extraordinary Attorney Woo dari ENA dikabarkan mengungkapkan bahwa karakter Woo Young Woo diciptakan dengan mengacu pada kehidupan Temple Grandin. Temple Grandin adalah seorang profesor di Colorado State University, Amerika Serikat, dan dikenal sebagai ahli zoologi kelas dunia. Temple Grandin masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah Time pada 2010.

Pada usia dua tahun, keluarga Temple Gardin diberitahu bahwa dia menderita autisme. Dokter percaya dia harus dirawat oleh seseorang sepanjang hidupnya dan akan mengalami kesulitan berbicara. Namun, Temple Gardin membuat karier yang sukses dengan meraih gelar doktor. Dia juga menggunakan pengaruhnya untuk berbicara tentang pengalamannya dengan autisme.

Seperti karakter Woo Young Woo, Temple Gardin adalah korban bullying. Namun, hobinya di luar sekolah yang membantunya berkembang, ditambah dengan dukungan keluarga. Kesamaan lainnya adalah gagasan bahwa pikiran Woo Young Woo dan Temple Gardin tampaknya dikelilingi oleh gambar. Dalam drama, penonton akan melihat adegan saat Woo Young Woo sedang berpikir atau perlu mengingat informasi, dia akan melihat gambar halaman atau dokumen terkait.

Profesor Kim Byung Gun, sebagai penasihat drama Extraordinary Attorney Woo, menjelaskan bahwa tim produksi ingin menciptakan karakter yang mematahkan stereotip bahwa penyandang autisme perlu dirawat atau tidak dapat berguna di masyarakat.

Park Eun Bin dalam drama Extraordinary Attorney Woo. Dok. Netflix.

Sepanjang kariernya, Temple Gardin telah membuktikannya. Dengan bantuan keluarganya, dia mampu mengasah kecerdasannya dan membuat perbedaan di dunia melalui penelitiannya pada hewan. Karakter Woo Young Woo melakukan hal yang sama. Setelah bertahun-tahun ayahnya mengkhawatirkannya, dia menemukan hasratnya dan menjadi pengacara Korea pertama yang memiliki spektrum autisme.

Extraordinary Attorney Woo semakin populer, Park Eun Bin dipuji karena pendekatannya terhadap karakter tersebut. Ketika ditanya tentang kekhawatirannya saat memerankan karakter tersebut, Park Eun Bin mengungkapkan bahwa dia ingin memperhatikan perannya sebagai Woo Young Woo, yang memiliki spektrum autisme.

"Ketika saya mendapat peran ini, saya merasakan tanggung jawab. Tanpa menyakiti perasaan siapa pun, apakah saya dapat merangkul semuanya dan bertindak secara alami dalam peran ini? Itu adalah kekhawatiran terbesar saya," kata Park Eun Bin.

Extraordinary Attorney Woo mengikuti kisah Woo Young Woo, seorang pengacara genius yang memulai kariernya di Firma Hukum Hanbada yang ternama. Young Woo merupakan seorang pengacara dengan sindrom spektrum autisme yang harus menghadapi berbagai prasangka di tempat kerjanya. Namun, kecintaannya terhadap hukum dari sejak kecil dan kemampuannya yang spesial, justru membuatnya dapat memecahkan beragam kasus, menangkap detail masalah, serta menemukan celah peraturan yang lolos dari perhatian orang lain.

KOREABOO | HANKOOK ILBO