B

Huawei Luncurkan HarmonyOS 3
Ilustrasi sistem operasi HarmonyOS dari Huawei. [STR/AFP]

Suara.com - Industri teknologi informasi asal China Huawei meluncurkan sistem operasi terbaru HarmonyOS 3 di tengah sanksi Amerika Serikat yang dikenakan terhadap perusahaan yang bermarkas di Shenzhen, Provinsi Guangdong, itu.

Perusahaan tersebut juga meluncurkan beberapa seri gawai yang dibekali HarmonyOS 3, seperti MatePad Pro dan WATCH 3 Pro, pada Rabu (27/7) malam.

Harmony menjadi sistem operasi (OS) tercepat dalam sejarah, kata Huawei. Sebelumnya, lebih dari 300 juta unit gawai Huawei telah dibekali HarmonyOS 2.

"Sejauh ini jumlah gawai yang dilengkapi HarmonyOS 2 telah mencapai 300 juta unit dan penjualan produk HarmonyOS Connect telah mencapai angka 170 juta," kata Eksekutif Senior Huawei Yu Chengdong kepada pers.

Performa HarmonyOS diklaim lebih cepat daripada iOS milik Apple dan Android milik Google.

Huawei pertama kali meluncurkan HarmonyOS pada Agustus 2019 atau tiga bulan setelah Google berhenti memasok layanan perangkat lunak telepon pintar pada raksasa industri teknologi China itu seiring dengan sanksi yang dijatuhkan otoritas Amerika Serikat.

HarmonyOS bisa digunakan di berbagai gawai, seperti telepon pintar, komputer, dan piranti elektronik lainnya. Nilai penjualan Huawei berkurang 14 persen pada periode Januari-Maret 2022 sebagai dampak dari sanksi AS. [Antara]