Suara.com - Fujifilm Indonesia hari ini, Rabu (27/7/2022) resmi meluncurkan printer portable Instax Mini Link 2. Perangkat ini bisa digunakan untuk mencetak foto dari ponsel.

“Peluncuran instax mini Link 2 ini kami persembahkan untuk generasi muda Indonesia yang tidak pernah berhenti menggali kreativitas mereka dengan mencoba inovasi terbaru,” kata President Direktur Fujifilm Indonesia, Masato Yamamoto.

“Printer smartphone instax mini Link 2 dengan fitur terbaru yang mengoptimalkan teknologi tren terkini yakni AR (Augmented Reality), kami harap dapat memberikan pengalaman seru yang berbeda untuk para pelanggan setia kami,” imbuhnya.

Link 2 adalah edisi terbaru dari Seri Link printer smartphone milik Fujifilm. Bukan hanya mencetak foto langsung melalui smartphone, kini terdapat fitur terbaru instaxAir, yang memungkinkan para pengguna untuk menggambar di udara.

Dengan menggunakan aplikasi khusus Instax, pengguna dapat memanfaatkan efek AR dengan menambahkan gambar ataupun tulisan pada foto yang akan dicetak.

Berikut fitur-fitur dan penjelasan lengkap yang terdapat di Link 2:

1. Fitur instaxAiR

Pengguna dapat mengaplikasikan efek AR pada saat mengambil foto untuk menambahkan gambar atau tulisan di udara. Tekan tombol fitur yang berada pada bagian atas Link 2 dan dekatkan printer dengan LED yang menyala ke arah smartphone.

Bentuk atau tulisan yang muncul dapat digunakan sebagai efek AR di aplikasi. Fitur ini memiliki 5 efek kuas. “Bubbles” dan “Petals” menunjukkan gelembung atau kelopak bunga di layar sehingga foto tercetak berbeda setiap saat.

Sambil menggunakan instaxAiR, Link 2 akan bergetar sesuai dengan gerakan pengguna sehingga menimbulkan sensasi bagai menggambar dengan gaya spray-painted. Pengguna dapat menggunakan jarinya untuk menggambar atau menulis langsung pada layar dengan aplikasi untuk ekspresi fotografi yang lebih detil.

2. Merekam video instaxAir

Mode ini memungkinkan pengguna untuk merekam video 15 detik saat menggunakan instaxAiR dan menyimpannya di smartphone dengan instax frame. Video yang tersimpan dapat dibuatkan QR code untuk dicetak.

Pengguna dapat memindai QR code dengan smartphone untuk melihat kembali video tersebut. Sama dengan kamera instan hybrid “instax mini evo” (diluncurkan pada Juni 2021) dan “instax mini LiPlay” (diluncurkan pada Desember 2019), pengguna dapat memilih latar gambar favorit dan menyiapkan foto tersebut dengan instax print frame untuk disebarkan ke media sosial.

3. Fitur instax Camera sebagai remote control

Baca Juga: Fujifilm Optimistis Kamera Mirrorless Tetap Bertahan di Tengah Kemajuan Kamera Ponsel

Fitur instax Camera mengubah Link 2 menjadi remote control untuk kamera smartphone pengguna. Tombol power Link 2 akan tersinkronkan dengan tombol shutter smartphone, jadi pengguna dapat mengambil gambar tanpa harus memegang smartphone.

Sensor gerakan yang terdapat pada Link 2 bisa memperbesar gambar dengan memiringkan Link 2 ke samping dan tombol power mengarah ke bawah; serta mengecilkan gambar dengan mengubah ke arah sebaliknya. Selain itu, dengan menggenggam Link 2 di bagian tempat mencetak foto mengarah ke bawah dan menekan tombol power, pengguna bisa mencetak ulang foto.

4. Cetak foto dari smartphone dengan seru, mudah dan cepat
Pengguna dapat secara mudah mengedit gambar pada smartphone seperti membesarkan/kecilkan, merotasi, menambahkan filter atau mengatur pencahayaan sebelum mencetak foto.

5. Video Print

Pengguna dapat membuka video yang telah disimpan pada smartphone dan memilih cuplikan atau potongan gambar terbaiknya untuk dicetak.

Fujifilm mengatakan Instax Mini Link 2 akan tersedia dalam 3 varian warna yakni putih, pink dan biru. Link 2 dibanderol Rp 1.949.000 dan dapat dibeli mulai 28 Juli 2022.