Jakarta - Chromebook sedang dalam pembaruan yang akan membuatnya sebagai laptop yang bisa dilengkapi dengan data seluler. Chromebook dengan demikian akan dapat berfungsi sebagai hotspot Wi-Fi untuk perangkat lain, seperti halnya perangkat Android dan iOS saat ini.

Dalam beberapa tahun terakhir Google telah mengembangkan Chromebook menjadi lebih portabel daripada sebelumnya. Pembaruan yang terkini akan membuat jenis laptop ini lepas dari kebutuhan koneksi Wi-Fi.

Sebelumnya, jika ingin berselancar di internet saat sedang mobile pasti membutuhkan hotspot dari ponsel atau menemukan jaringan Wi-Fi gratis di sekitar lokasi.

Untuk pembaruan itu, Google sedang mempersiapkan cara bagi pengguna untuk membalik skrip pada koneksi data seluler. Tujuannya memampukan Chromebook  dengan kapasitas baterai yang jauh lebih besar dibandingkan ponsel menjadi host untuk hotspot Wi-Fi bagi perangkat lain.

Fitur work-in-progress pertama kali muncul di kode ChromeOS dalam bentuk tanda baru yang datang ke Chrome://flags. Raksasa operator Verizon, T-Mobile, dan AT&T sudah langsung menawarkan paket bundling Chromebook baru itu nanti meski masih sangat terbatas.

Apa yang sedang dikembangkan Google pada Chromebook sesungguhnya tidak baru. Sejauh ini sudah ada beberapa laptop yang bisa menggunakan data seluler dan telah dijual di Indonesia.

Namun, laptop tersebut ditujukan untuk kelas bisnis. Sebut saja ASUS ExpertBook B7 Flip yang memiliki konektivitas 5G yang dijual seharga Rp 29 juta. Sedangkan ASUS ExpertBook B3 Flip yang memiliki koneksi 4G LTE dijual seharga Rp 12 juta.

THE VERGE, 9TO5GOOGLE, ASUS