5 Manfaat Nonton Film Horor bagi Kesehatan, Efektif Bakar Kalori
Ilustrasi hantu. (Shutterstock)

Suara.com - Film "Pengabdi Setan 2: Communion" telah meramaikan bioskop Tanah Air mulai hari ini, Sabtu (30/7/2022). Film ini menjadi salah satu film horor Indonesia yang ditunggu-tunggu setelah kesuksesannya bersama sosok ibu nan ikonik di tahun 2017 lalu.

Cerita "Pengabdi Setan" ini masih akan berfokus pada Toni, Bondi, dan Bapak yang kali ini memutuskan pindah rumah ke sebuah rusun untuk mencari keamanan setelah apa yang terjadi di rumah mereka sebelumnya. Namun ternyata ini bukan langkah tepat, apalagi ketika mereka tidak mengenal tetangga di samping-samping pintunya.

Selain melatih nyali, menonton film horor rupanya juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Jadi, apa saja manfaat nonton film horor?Poster resmi film Pengabdi Setan 2: Communion. [Instagram]

Poster resmi film Pengabdi Setan 2: Communion. [Instagram]

Membakar Kalori

Berdasar penelitian di University of Westminster, menonton film horor selama 90 menit akan membakar 113 kalori tubuh. jumlah ini setara dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Selain itu, menonton film horor yang memicu adrenalin juga akan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini akan berdampak pada maki cepatnya energi yang tersimpan di tubuh akan terbakar.

Mengurangi Stres

Fakta ini mungkin terdengar sedih aneh karena pasti tidak sedikit dari kalian yang bertambah stres usai melihat film horor. Namun, nyatanya menurut sebuah penelitian di Nottingham Trent University, berteriak saat menonton film horor bisa menjadi salah satu cara melepas stres dan membuat perasaan Anda jauh lebih lega.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dilansir dari India Times, dengan menonton film horor, sirkulasi darah dan sel darah putih yang bertugas melawan infeksi akan memiliki sirkulasi yang lebih lancar. Hal ini kemudian akan meningkatkan respons fight or fight di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh Anda meningkat.Tiga orang perempuan sedang menonton film horor. [shutterstock]

Tiga orang perempuan sedang menonton film horor. [shutterstock]

Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat nonton film horor bagi kesehatan selanjutnya adalah memicu otak melepaskan beragam senyawa kimia seperti serotonin, dopamin, dan glutamat. Adrenalin yang dilepaskan selama menonton film horor juga akan memberi efek anestesi seperti obat sehingga dapat mengurangi cemas atau stres.

Meningkatkan Toleransi pada Rasa Takut

Film horor, khususnya Indonesia, biasanya diadaptasi dengan apa yang benar-benar terjadi di dunia nyata sehingga kita bisa relate saat melihatnya. Dengan membiasakan diri seperti ini, Anda mungkin bisa memiliki tingkat toleransi rasa takut yang lebih tinggi.

Cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari di dalamnya dapat membuat kita menjadi lebih kebal dan siap jika menemuinya di dunia nyata.

Demikian informasi mengenai manfaat nonton film horor bagi kesehatan. Anda bisa membuktikannya dengan menonton "Pengabdi Setan 2" atau film horor lainnya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri