5 Manfaat Body Serum, Mengapa Tetap Diperlukan meski Sudah Pakai Body Lotion?

Ilustrasi menggunakan body lotion (Pexels/Linda Prebreza)

Suara.com - Memberikan perawatan yang tepat bagi kulit merupakan salah satu investasi jangka panjang. Tidak hanya pada masalah penampilan, perawatan kulit pastinya juga berhubungan dengan kesehatan kulit itu sendiri. Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk membuat kulit tetap cantik dan sehat adalah menggunakan body serum.

Meski sama-sama dioleskan dan membuat kulit lembap. Dilansir dari laman dove, body serum berbeda dengan body lotion. Dibandingkan body lotion, body serum lebih ringan sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Selain itu, body serum juga biasa dilengkapi senyawa tertentu seperti AHA, CLA, pro-retinol, dan niacinamide untuk memberi perlindungan lapisan kulit yang lebih dalam.

Berikut beberapa manfaat body serum untuk menjaga kesehatan kulit.

ilustrasi seseorang memakai body lotion(Pixabay.com/AdoreBeautyNZ)

ilustrasi seseorang memakai body serum (Pixabay.com/AdoreBeautyNZ)

Menghilangkan Garis Halus

Kandungan vitamin E dan kolagen yang ada dalam body serum dapat membantu Anda mengurangi tanda penuaan seperti kulit kasar, kendur, dan garis-garis halus. Teksturnya yang ringan juga membuatnya mudah meresap ke kulit sehingga perlindungannya dapat dengan mudah dirasakan.

Glowing

Manfaat body serum lainnya yang pasti banyak diinginkan adalah membuat kulit tampak lebih glowing. Hal ini tentu tidak terlepas dari keterlibatan berbagai bahan aktif seperti niacinamide, asam hialuronat,  hingga AHA yang ada di dalamnya.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Body serum rupanya juga dapat berperan menjadi eksfoliator yang baik. Pasalnya, ada beberapa body serum yang memang dilengkapi eksfoliator kimia sehingga sel kulit mati dapat terangkat. Kandungan ini tentu tidak hanya membuat kulit lebih sehat tapi juga mencegah jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit.

Ilustrasi wanita pakai tanning lotion. (Pexels/Armin Rimoldi)

Ilustrasi wanita pakai body serum (Pexels/Armin Rimoldi)

Menjaga Kulit Terhidrasi

Meski terasa lebih ringan ketika digunakan, body serum justru bisa menjaga kulit tetap lembap dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan body lotion. Dengan mengoleskan body serum setiap pagi, Anda tidak perlu merasakan kulit kering meski berada di dalam ruangan ber-AC seharian.

Bermanfaat untuk Segala Jenis Kulit

Jika Anda memiliki kulit kering dan kusam, menggunakan body serum merupakan salah satu pilihan terbaik. Kandungan glycolic acid dan lactic acid yang biasanya terdapat di dalam body serum dapat mencegah kulit memiliki tekstur kasar dan kering.

Demikian lima manfaat body serum untuk kulit, meski sudah menggunakan body lotion. Tidak ada salahnya menambah lapisan skincare untuk kesehatan kulit Anda dengan body serum.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri