Jakarta -  Jika saat menjalin hubungan, kemudian muncul sikap menyembunyikan pasangan dari orang lain yang saling mengenal, itu menandakan stashing. Mengutip PureWow, sikap yang tergolong stashing  ketika satu orang dalam suatu hubungan membuat keputusan sadar untuk menyembunyikan pasangannya. Itu dilakukan dalam kehidupan nyata maupun media sosial.


Mengutip Stylist, istilah stashing kembali muncul pada 2017 oleh penulis Metro UK, Ellen Scott. Istilah itu pun secara bertahap terus diperbincangkan selama beberapa tahun belakangan.Scott menjelaskan, konsep itu sebagai fenomena dalam suatu hubungan pasangan kekasih.


Bila pasangan melakukan sesuatu yang menyakiti dengan cara apa pun saat merespons pertanyaan, maka penting untuk mempertimbangkan kelanjutan hubungan. Menurut konselor pasangan dan pernikahan Irina Firstein, ketika pasangan menghindari pertanyaan, bahkan enggan memahami, bisa saja menandakan situasi yang buruk.


"Itu adalah bentuk manipulasi," kata Firstein.


Orang yang peduli dengan pasangannya, walaupun melakukan stashing tetap menyampaikan alasannya. Misalnya, masalah keluarga atau merasa belum siap untuk kelanjutan hubungan. Meskipun ingin merahasiakan hubungan dari orang lain, tetap membicarakan secara baik-baik untuk kepedulian dengan pasangannya.

Kondisi yang menandakan stashing


1. Belum pernah bertemu keluarga pasangan 


Walaupun sudah berkali-kali orang tua mengundang pasangan untuk bertemu, tapi tak pernah disampaikan. Sampai berlangsung lama pun tetap menyembunyikan pasangan untuk bertemu orang tua, misalnya untuk makan bersama atau acara keluarga.


2. Tak ada di media sosial


Kondisi stashing benar-benar menyembunyikan pasangan tak hanya di kehidupan nyata, tapi juga di media sosial.  Mengutip Study Breaks, orang yang melakukan stashing akan terus berupaya tak melakukan interaksi sedikit pun dengan pasangannya di media sosial. Misalnya, mengunggah foto bersama, karena koneksi media sosial akan memudahkan anggota keluarga atau orang lain untuk melihat aktivitas. 


3. Enggan terlihat sedang bersama


Bertemu secara pribadi selalu menghindari tampak bersama di depan umum. Itu terutama dalam situasi ketika orang lain bisa mengetahui status hubungan. Bila hubungan seperti ini berlanjut akan menimbulkan perasaan pasangan terpinggirkan. Itu jika seseorang memandang hubungan yang dijalani bersifat sementara. Berarti, enggan melihat masa depan menjalin hubungan yang serius.


sumber: tempo