Jakarta -  Jika saat menjalin hubungan, kemudian muncul sikap menyembunyikan pasangan dari orang lain yang saling mengenal, itu menandakan stashing. Mengutip PureWow, sikap yang tergolong stashing  ketika satu orang dalam suatu hubungan membuat keputusan sadar untuk menyembunyikan pasangannya. Itu dilakukan dalam kehidupan nyata maupun media sosial.


Mengutip Stylist, istilah stashing kembali muncul pada 2017 oleh penulis Metro UK, Ellen Scott. Istilah itu pun secara bertahap terus diperbincangkan selama beberapa tahun belakangan.Scott menjelaskan, konsep itu sebagai fenomena dalam suatu hubungan pasangan kekasih.


Bila pasangan melakukan sesuatu yang menyakiti dengan cara apa pun saat merespons pertanyaan, maka penting untuk mempertimbangkan kelanjutan hubungan. Menurut konselor pasangan dan pernikahan Irina Firstein, ketika pasangan menghindari pertanyaan, bahkan enggan memahami, bisa saja menandakan situasi yang buruk.


"Itu adalah bentuk manipulasi," kata Firstein.


Orang yang peduli dengan pasangannya, walaupun melakukan stashing tetap menyampaikan alasannya. Misalnya, masalah keluarga atau merasa belum siap untuk kelanjutan hubungan. Meskipun ingin merahasiakan hubungan dari orang lain, tetap membicarakan secara baik-baik untuk kepedulian dengan pasangannya.

Kondisi yang menandakan stashing


1. Belum pernah bertemu keluarga pasangan 


Walaupun sudah berkali-kali orang tua mengundang pasangan untuk bertemu, tapi tak pernah disampaikan. Sampai berlangsung lama pun tetap menyembunyikan pasangan untuk bertemu orang tua, misalnya untuk makan bersama atau acara keluarga.


2. Tak ada di media sosial


Kondisi stashing benar-benar menyembunyikan pasangan tak hanya di kehidupan nyata, tapi juga di media sosial.  Mengutip Study Breaks, orang yang melakukan stashing akan terus berupaya tak melakukan interaksi sedikit pun dengan pasangannya di media sosial. Misalnya, mengunggah foto bersama, karena koneksi media sosial akan memudahkan anggota keluarga atau orang lain untuk melihat aktivitas. 


3. Enggan terlihat sedang bersama


Bertemu secara pribadi selalu menghindari tampak bersama di depan umum. Itu terutama dalam situasi ketika orang lain bisa mengetahui status hubungan. Bila hubungan seperti ini berlanjut akan menimbulkan perasaan pasangan terpinggirkan. Itu jika seseorang memandang hubungan yang dijalani bersifat sementara. Berarti, enggan melihat masa depan menjalin hubungan yang serius.


4.  Saling Memberi Hadiah 


Anda dan pasangan tidak dapat saling berpegangan sesering mungkin, tetapi Anda dapat saling memberi sesuatu yang dapat Anda pegang. Sesuatu berupa hadiah ini bisa merupakan hal yang mengingatkan Anda pada pasangan. Contohnya adalah bingkai foto, boneka beruang, perhiasan, ataupun gelas. Setiap Anda menyentuh benda tersebut, otomatis Anda akan segera mengingat pasangan. 

5. Berkomunikasi dengan Cara yang Berbeda 


Bisa membosankan jika Anda hanya berkomunikasi menggunakan satu metode. Agar lebih menarik, cobalah berkomunikasi dengan cara yang berbeda. Jika Anda selalu menggunakan telepon, cobalah panggilan video sebagai gantinya. Anda juga bisa menggunakan metode kuno yaitu saling menulis surat cinta, ini memberikan variasi dalam hubungan sehingga membuatnya menjadi lebih menarik. 

6. Tahu Jadwal Satu Sama Lain 


Penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal satu sama lain sehingga Anda dapat mengoptimalkan komunikasi Anda. Terutama jika jarak Anda sangat jauh dan ada perbedaan zona waktu. Anda bisa menyesuaikan waktu agar saling berkomunikasi di saat senggang dan di waktu yang tepat. Jangan paksakan jika pasangan sedang sibuk. 

7. Stalking Media Sosial 


Melihat foto dan video pasangan dapat membuat Anda merasa sedang bersama mereka. Jadi, tetap posting di media sosial dan pantau profil masing-masing. Posting tentang satu sama lain juga untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda peduli padanya dan Anda masih menjalin hubungan dengannya. 

8. Jujur dan Terbuka Satu Sama Lain 


Tidak hanya berlaku untuk hubungan LDR, tetapi ini sangat penting dalam hubungan apapun. Bicarakan tentang perasaan takut dan cemburu Anda. Jangan mencoba untuk menangani hal-hal Anda sendiri. Berikan pasangan Anda ruang untuk membantu saat Anda membutuhkannya. 

9. Memiliki Rencana Kencan 


Salah satu cara untuk menjaga hubungan LDR Anda tetap kuat adalah dengan memiliki hal-hal yang dinanti-nantikan. Anda bisa mencoba kencan online tertentu, membaca buku yang sama, atau bepergian ke suatu tempat bersama. Jadikan ini rencana yang menjadi motivasi untuk segera melaksanakannya. 

10. Memiliki Tujuan yang Sama 


Jika Anda berpikir mengenai solusi dari hubungan LDR ini, maka hubungan Anda akan terasa lebih mudah. Menjalani hubungan LDR selamanya pasti akan sulit, maka dari itu pikirkan jalan keluarnya untuk memotivasi satu sama lain. Diskusikan bagaimana dan kapan kalian akhirnya akan berdekatan atau pindah ke lokasi baru.