Wabah PMK (Penyakit mulut dan kuku) menyerang hewan ternak sapi di wilayah tapal kuda dalam beberapa minggu terakhir. Penyakit ini merupakan virus yang sangat menular pada hewan yang berkuku belah dua seperti sapi, kambing,domba dan lainnya. 

Guna antisipasi penyebarannya, Polres Jember melakukan langkah pencegahan dengan melibatkan Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan.

Bhabinkamtibmas ini akan bersinergi bersama tim satgas dinas terkait yaitu tim satgas pangan dinas peternakan, dinas perdagangan dan dinas perindustrian kabupaten Jember. 

Disampaikan oleh Kapolres Jember melalui Kasihumas Iptu Brisan IM,"Polres Jember bersinergi dengan dinas 5erkait untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak dan mengantisipasi dalam penyebaran virus PMK tersebut," disampaikan Kapolres Jember melalui Kasihumas, Iptu Brisan IM, Kamis (12/05/2022).

Ditambahkan pula langkah langkah sinergi yang dilakukan diantaranya memberikan disinfektan atau obat mematikan virus pada area sekitar kandang maupun penguburan ternak yang mati, imbuh Brisan.

Selain itu melalui Bhabinkamtibmas Polres Jember melakukan pengawasan dan pembatasan di pos keluar masuk hewan di perbatasan kabupaten atau kota, serta karantina atas indikasi hewan ternak yang terkena virus PMK. (*)