Puluhan rumah di dusun Sambileren RW 16 desa Purwoasri kecamatan Gumukmas tergenang air akibat hujan deras disertai petir yang melanda Jember Selatan, Kamis sore (28/04/2022).

Ketinggian air mencapai sekitar setengah meter yang mengakibatkan halaman rumah warga tergenang air, bahkan air sampai masuk ke beberapa rumah.

"Banjir seperti ini sepertinya rasanya terjadi setiap musim penghujan, apalagi kalau hujan deras seperti tadi sore," tutur Ali Maksum, seorang warga kepada media.

Lebih mendalam Maksum mengatakan, selain faktor alam, banjir seperti ini juga disebabkan karena pendangkalan saluran irigasi, dan tidak mendapatkan perhatian maupun tindakan dari pemerintah desa setempat.

"Selain itu meluapnya air disebabkan oleh bendungan sungai yang rusak, dan saat ini dibendung menggunakan kayu," katanya.

Kalau cuaca seperti tadi, warga tidak berani membuka tutup bendungan itu. "Terlalu berbahaya karena kondisi sungai sangat curam dan airnya terlalu deras," lanjut Maksum.

Kondisi air yang menggenang pemukiman warga ini biasanya berlangsung satu malam, tidak berkurang bahkan bisa bertambah.

"Aktifitas warga sangat terganggu karena halaman terendam air, sangat memprihatinkan, apalagi pas bulan puasa seperti sekarang ini," katanya.

Dia berharap pemerintah desa Purwoasri segera mengambil tindakan dengan melakukan pengerukan saluran irigasi dan segera memperbaiki bendungan yang rusak sehingga masyarakat bisa terlepas dari banjir tahunan. (*)